Program Studi Matematika Menyelenggarakan Kuliah Pakar Riset Matematika Bidang Analisis

Oleh: Resmawan . 16 Januari 2021 . 06:51:52

Gorontalo 14 Januari 2021. Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan IPA Unversitas Negeri Gorontalo mengadakan kuliah pakar yang dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa program studi matematika dengan tema “Topik-topik Riset Matematika Bidang Analisis” sebagai Narasumber adalah Dr. Muh.Nur, M.Si yang merupakan seorang dosen matematika di Universitas Hasanuddin Makassar. Kuliah pakar kali ini masih berbasis daring melalui platform Zoom Meeting dan juga dapat disaksikan melalui channel youtube Prodi Matematika UN Gorontalo .

Beliau mengawali presentasinya dengan menjelaskan tentang karya tulis ilmiah matematika. Kemudian beliau memaparkan beberapa pertanyaan-pertanyaan bantu yang dapat digunakan mahasiswa dalam memulai untuk menulis tugas akhir atau skripsi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa disesuaikan dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh masing-masing mahasiswa dalam tugas akhir atau skripsinya. Oleh karenanya, setiap mahasiswa perlu memperbanyak membaca literatur-literatur baik dari jurnal/artikel ilmiah nasional maupun internasional, skripsi/tesis yang terkait bidang penelitian dan juga buku-buku penunjang lainnya.

Sebagai peneliti matematika yang bergelut dalam bidang matematika analisis, Dr. Muh Nur, M.Si juga memaparkan garis-garis besar penelitian di bidang matematika analisis diantaranya, analisis fungsional, analisis fourier, persamaan diferensial, persamaan integral dan sistem dinamik. Bidang-bidang kajian tersebut masih terbuka luas topik penelitian yang bisa dibahas karena penelitian bidang matematika analisis masih sangat berkembang hingga kini. Dalam presentasinya beliau juga menawarkan beberapa topik penelitian bidang analisis yang bisa dikaji oleh mahasiswa diantaranya topik terkait ruang bernorma, topik terkait ruang Morrey serta topik terkait transformasi Fourier.

Dr. Muh.Nur memberikan banyak ilmu dan motivasinya agar mahasiswa program studi matematika Universitas Negeri Gorontalo dapat terpacu dalam menulis tugas akhir atau skripsi yang bagus. Dimulai dari mengetahui bagaimana memulai mencari topik yang sesuai dengan keinginan minat dan kemampuan pengetahuan mahasiswa itu sendiri agar skripsinya dapat diselesaikan dengan baik hingga kiat-kiat dalam menyelesaikan penelitian bidang matematika khusus bidang matematika analisis. Diakhir sesi kuliah pakar kali ini beliau juga berbagi kiat-kiat terkait bagaimana proses pembimbingan mahasiswa matematika di Universitas Hasanuddin.

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika