HMPS Matematika Inisiasi Gerakan Matematika Sehat

Oleh: Resmawan . 2 Desember 2023 . 13:21:35

 

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Matematika Fakultas MIPA di penghujung tahun 2023 ini menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan topik "Gerakan Matematika Sehat”. Kegiatan ini yang memiliki tema ”Matematika Bergerak Melalui Tindakan Kecil Yang Berdampak Besar untuk Sesama” . Agenda kegiatannya antara lain diisi dengan penyuluhan kesehatan oleh dr. Nur’ain Hidiya dari RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango sekaligus sebagai tenaga kesehatan di UTD Bone Bolango. Beliau memaparkan materi mengenai HIV dan AIDS. Kegiatan ini juga mendapat dukungan sepenuhnya dari pihak Unit Transfusi Darah (UTD) Kabupaten Bone Bolango.

Dalam pemaparan materinya dr. Nur’ain Hidiyah mengatakan bahwa Penyakit HIV disebabkan oleh human immunodeficiency virus atau HIV, yakni virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel tubuh. Jika makin banyak sel yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya. Menurut catatan kementerian kesehatan kelompok usia 20-24 adalah kelompok kedua terbanyak pengidap penyakit ini. Oleh karena itu terus menerus senantiasa disosialisasikan kepada kelompok remaja khususnya mahasiswa terhadap bahayanya penyakit ini melalui sejumlah upaya penanggulangan seperti promosi kesehatan, pencegahan, penemuan kasus, dan penanganan kasus.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampus 4 Universitas Negeri Gorontalo, Bone Bolango pada Sabtu, 2 Desember 2023. Dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Matematika Dr. Tedy Machmud  M.Pd. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan dan kepedulian mahasiswa pada sesama melalui kegiatan donor darah. 

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika