Berlangsung Secara Daring, Reakreditasi Prodi Matematika Berjalan Lancar

Oleh: Resmawan . 28 Mei 2022 . 15:35:06

Gorontalo - Program Studi S1 Matematika yang merupakan Prodi Termuda dibawah naungan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo, melangsungkan Assesment Lapangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting ini diselenggarakan selama 2 hari, yang dimulai pada hari Jum'at, 27 Mei 2022 s.d Sabtu, 28 Mei 2022. Kegiatan Assesment Lapangan ini sendiri merupakan tindak Lanjut BAN-PT selaku Lembaga Resmi Pemerintah yang menangani Akreditasi Perguruan Tinggi, berdasarkan Surat Pemohonan Rektor Universitas Negeri Gorontalo pada Tanggal 17 Desember 2021 dengan Nomor: 2519/UN47.4/AK/2021 tentang Pemohonan Reakreditasi Program Studi S1 Matematika.

Konfirmasi Pelaksanaan Assesment Lapangan secara Daring kemudian di terima oleh Program Studi pada Tanggal 11 April 2022, berdasarkan Surat Dewan Eksekutif BAN-PT dengan Nomor 382 / BAN-PT / SPT-AK / P / 2022, tentang Pelaksanaan Assesment Lapangan terhadap Prodi Matematika Universitas Negeri Gorontalo. Pemberitahuan Assesment Lapangan oleh Dewan Eksekutif BAN-PT diterima setelah dilakukan Assesment Kecukupan dan Prodi Mtematika dinyatakan Memenuhi Syarat untuk dilaksanakan Assesment Lapangan. Bertugas sebagai Asesor dalam kegiatan ini adalah Prof. Drs. Subanar M.Si dari Universitas Gadjah Mada dan Prof. Dr. Hizir Sofyan dari Universitas Syiah Kuala, berdasarkan Surat Tugas BAN-PT Nomor 382 / BAN-PT / SPT-AK / A / 2022.

Sejatinya, Prodi Matematika Universitas Negeri Gorontalo sudah terakreditasi BAN-PT berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT dengan Nomor: 1832/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019, yang masih berlaku s.d 28 Mei 2024. Prodi Matematika yang saat itu masih usia belia dan belum mempunyai alumni mendapatkan Akreditasi dengan Peringkat C. Hal ini ini mendorong UPPS dan Prodi Matematika untuk segera melakukan pembenahan dalam berbagai aspek selama kurang lebih 2 tahun tehitung sejak 2019 s.d 2021. Setelah data-data dianggap memadai untuk dilakukan Reakreditasi, maka dilakukanlah pengusulan Akreditasi kembali (Reakreditasi) pada tanggal 17 Desember 2021, meskipun masa akreditasi dengan peringkat C masih berlaku. Hal ini dilakukan oleh UPPS dan Prodi sebagai bentuk komitmen kepada seluruh civitas akademik dan stakeholder terkait untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan di Prodi Matematika Universitas Negeri Gorontalo.

Pelakasanaan AL selama 2 hari berlangsung dengan penuh kehangatan. Kedua Asesor yang bertugas, melakukan konfirmasi terhadap data-data Lembar Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) yang telah dilaporkan ke BAN-PT. Konfirmasi data ini dilakukan pada semua pihak yang berkaitan dengan Prodi Matematika, baik internal maupun Eksternal. Berlangsung pada hari pertama, Asesor silih berganti melakukan komunikasi secara khusus kepada Pimpinan UPPS selaku Unit pengelola yang membawahi Prodi Matematika, juga kepada Unit Penjaminan Mutu Fakultas selaku yang bertugas menjaga Kualitas Layanan Akademik di UPPS, termasuk didalamnya Prodi Matematika.

Suasana pelaksanaan AL bersama Pimpinan UPPS dan Unit Penjamian Mutu

 

Selesai bersama UPPS dan Unit PENJAMU, Asesor melakukan konfirmasi dan penyesuaian dan dengan Tim Penyusun Dokumen Akreditasi yang terdiri dari Pimpinan Prodi dan Dosen Tetap Program Studi (DTPS). Proses AL bersama tim penyususn dokumen berlangsung hingga menjelang Sholat Jumat Waktu Indonesia Tengah, yang dilanjutkan dengan Istirahat.

Suasana pelaksanaan AL bersama Tim Penyusun Dokumen

 

Tidak hanya sampai pada tim penyusun dokumen akreditasi, tim asesor juga melakukan komunikasi lebih lanjut dengan pihak-pihak yang berkaitan secara langsung dengan Prodi Matematika, mulai dari Mahasiswa dan Tenaga Pendidikan, Alumni, dan juga Pengguna Alumni. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan informasi yang sinkrom antara semua pihak terkait mulai dari Pimpinan UPPS, DTPS, Mahasiswa, hingga alumni dan pengguna alumni.

Suasana pelaksanaan AL bersama Alumni dan Pengguna Alumni

 

Meskipun belum memiliki banyak alumni, Prof. Subanar selaku Ketua Tim Asesor memberikan apresiasi yang sangat baik kepada Alumni Prodi Matematika, karena meski dalam jumlah yang masih terbatas, mereka sudah mampu berkiprah di berbagai lembaga di tingkat daerah sampai pada tingkat Nasional. Sebagaimana dilaporkan bahwa Alumni Prodi Matematika UNG saat ini sudah berkiprah di berbagai lembaga seperti, Lembaga Pendidikan sebagai Guru, di Pemerintah Daerah sebagai ASN, Wirausaha secara mandiri, sampai pada lembaga perbankan di tingkat nasional. Disamping itu alumni Prodi Matematika juga banyak yang melanjutkan pendidikan pada Program Pascasarjana.

Proses AL terus berlangsung di hari kedua, dimana asesor melaksanakan kinerja secara mandiri terkait data-data yang telah dikonfirmasi ke seluruh pihak terkait, pemberian masukan dan tanggapan balik dari tim penyusun dokumen akreditasi, sampai pada pembacaan rekomendasi oleh Tim Asesor dilanjutkan dengan penutupan. Pelaksanaan AL yang berlangsung tertib selama 2 hari ini, tidak hanya sampai pada sebatas konfirmasi data LKPS dan LED, asesor juga banyak memberikan rekomendasi berupa perbaikan atau peningkatan pada bagian-bagian yang dianggap belum maksimal. Hanya ini menjadi modal yang sangat bagus bagi Program Studi untuk terus meningkatkan kualitas layanan akademik di Prodi Matematika, mulai dari input, proses, sampai output yang unggul dan berdaya saing. 

Civitas Akademik Prodi Matematika Universitas Negeri Gorontalo berharap, melalui momentum akreditasi ini, dapat membuat Prodi Matematika semakin baik ke depannya, bukan hanya sebatas pengakuan secara formal dalam bentuk seritifkat Akreditasi dari BAN-PT namun lebih dari itu, namun lebih dari itu proses akreditasi ini diharapkan jadi momentum peningkatan kualitas layanan dan proses akademik di Prodi Matematika UNG untuk dapat melahirkan generasi Unggul dan mampu bersaing di era globalisasi sesuai kebutuhan zaman. (R)

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika