Diskusi Redesain Kurikulum Jurusan Matematika FMIPA UNG

Oleh: Resmawan . 23 Desember 2020 . 20:54:11

Jurusan Matematika FMIPA UNG mengadakan Diskusi Redesain Kurikulum bersama Stakeholders dan pakar pada tanggal 22 Desember 2020 yang bertujuan untuk melihat kesiapan kurikulum yang akan diberlakukan di Jurusan Matematika FMIPA UNG diantara kurikulum prodi matematika, kurikulum prodi pendidikan matematika dan kurikulum prodi Statistika dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan instansi-instansi yang terkait. Kegiatan diskusi ini dilaksanakan secara hybrid yaitu secara daring dan luring. Dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas MIPA, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas MIPA menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk pengembangan mutu lulusan yang dihasilkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNG dalam menyongsong era disrupsi saat ini. Selanjutnya beliau juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang hadir pada kegiatan ini, karena tanpa adanya kerja sama dari stakeholder maka kurikulum MBKM ini tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.  Acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat mengenai kurikulum MBKM dan Penjelasan isi Perjanjian Kerja Sama oleh Ketua Jurusan Matematika, Dr. Tedy Machmud, M.Pd. Dalam sesi diskusi, stakeholders yang berasal dari berbagai instansi baik dari pihak swasta maupun negeri seperti Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango, BRI Cabang Gorontalo, RS Aloei Saboe, MGMP Matematika SMP dan SMA, SMA Wira Bakti, SMAN 1 Kabila, SMPN 1 Suwawa, SD 1 Suwawa Tengah dan Desa Alale menyambut baik adanya kurikulum MBKM ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd yang merupakan Wakil Ketua Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesian Mathematics Educators Society(I-MES) terkait Kurikulum MBKM Jurusan Matematika FMIPA UNG. Dalam pemaparannya, Prof. Euis mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus diperbaiki oleh prodi-prodi di jurusan matematika. Namun, jika bandingkan dengan prodi lain, Jurusan Matematika telah siap mengimplementasikan Kurikulum MBKM. Acara kemudian ditutup dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Penyerahan Cinderamata.

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika