Jadi Pembicara pada International Symposium on Biomathematics (Symomath) 2022, Dua Mahasiswa Matematika UNG dibebaskan dari Kewajiban Seminar Hasil Penelitian

Oleh: Resmawan . 5 Agustus 2022 . 15:20:34

Gorontalo – Program Studi Matematika Universitas Negeri Gorontalo terus berupaya mengembangkan potensi mahasiswanya, baik di bidang akademik maupun non akademik. Dibidang akademik, mahasiswa senantiasa dipacu untuk meningkatkan kemampuan dan produktifitasnya dalam melahirkan karya ilmiah yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, baik secara tertulis melalui publikasi ilmiah maupun secara lisan melalui kegiatan conference atau seminar. Baru-baru ini prestasi membanggakan diraih oleh dua mahasiswa Prodi Matematika yang berhasil menjadi pembicara dalam kegiatan bertaraf Internasional, yakni The International Symposium on Biomathematics (Symomath) 2022 yang di laksanakan oleh Institut Teknologi Bandung dan Indonesian Biomathematics Society (IBMS). Kegiatan ini berlangsung secara Hybrid, yakni dilaksanakan secara offline dan juga secara virtual yang berpusat di Bandung, Indonesia, pada 31 July s.d 1 Augustus 2022.

The International Symposium on Biomathematics (Symomath) adalah kegiatan conference level internasional yang diselenggarakan secara rutin oleh Indonesian Biomathematics Society (IBMS). Tujuan dari simposium adalah untuk menyediakan forum multidisiplin untuk mempromosikan dan membina interaksi antara matematika, biologi, dan komunitas industri terkait dalam mempelajari berbagai fenomena di bidang biologi, ekologi, penyakit menular, kesehatan, dll. Symomath merupakan program ilmiah tahunan yang diadakan IBMS bekerjasama dengan beberapa universitas mitra di Indonesia yang menyediakan sesi utama (keynote speaker) dan sesi paralel (invited speaker dan peserta). Symomath pertama diadakan di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2013, dan pada tahun 2022, Institut Teknologi Bandung  kembali jadi pe yelenggara Symomath ke-9.

Dilansir dari https://analisnews.co.id, Mahasiswa atas nama Amelia Tri Rahma Sidik dan Muhammad Afrizal Beta berhasil mempresentasikan karyanya dengan baik melalui ruang virtual dengan 2 topik penelitian yang luar biasa berdasarkan penilaian paper oleh pelaksana. Kedua mahasiswa itu memaparkan hasil penelitian yang bertemakan Biomathematics, salah satu pembahasan yang menarik perhatian banyak orang saat ini. Amel dan Afrizal terdaftar sebagai mahasiswa aktif semester VI saat jadi pembicara dikegiatan tersebut. 

Saat di wawancarai, Amelia dan Afrizal cukup bangga dan terharu atas prestasi yang berhasil mereka torehkan saat ini, karena ini adalah pengalaman pertama di kancah internasional apalagi mereka membawa beban panji Universitas Negeri Gorontalo bersama beberapa pembicara dari Indonesia dan Internasional.

“Ini merupakan pengalaman baru bagi saya dan suatu kebanggan tersendiri karena bisa ikut serta bersama para matematikawan dari berbagai negara yang ada” ujar Amel.

Sedangkan menurut Afrizal, hal ini merupakan kali pertama berada bersama para matematikawan dari berbagai negara dalam ruang virtual, ia berharap Universitas negeri Gorontalo terkhusus prodi matematika dapat melaksanakan hal serupa.

Secara terpisah, Resmawan, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi matematika memberikan apresiasi yang tinggi kepada kedua mahasiswa yang berhasil melalui kegiatan ini dengan baik. Sebagai bentuk apresiasi, keberhasilan mereka jadi presenter/pembicara dalam forum ilmiah internasional diapresiasi dalam bentuk rekognisi kegiatan tersebut menjadi pengganti mata kuliah di kurikulum Prodi Matematika.

"Mereka berdua akan dibebaskan dari kewajiban Seminar Hasil penelitian yang merupakan salah satu Syarat Wajib yang harus dilalui mahasiswa sebagai bagian dari Tugas Akhir untuk meraih gelar Sarjana" Ujarnya.

Apresiasi seperti ini diharapkan jadi pemicu semangat dan motovasi bagi mahasiswa lainnya untuk turut berusaha meraih prestasi serupa atau yang lebih baik.

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika