DELTA, Terobosan Ilmiah Program Studi Matematika

Oleh: Nurwan . 9 Maret 2018 . 11:20:00

Gorontalo - Jurusan Matematika kembali mengadakan terobosan untuk menghidupkan kultur akademik di kalangan civitas akademika. Terobosan ini diimplementasikan dalam bentuk DELTA , yaitu Diskusi dan Evaluasi iLmiah matemaTikA. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum'at (09/03/2018) bertempat di Ruang Diskusi PS Matematika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

DELTA yang rencananya akan dilaksanakan secara rutin ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Pimpinan Jurusan maupun Fakultas. Pimpinan Jurusan yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Sekretaris Jurusan Matematika, Nursiya Bito, M.Pd menyampaikan pentingnya budaya akademik seperti ini dilestarikan.

"Kegiatan seperti ini sebaiknya dibudayakan sejak dini, baik dikalangan dosen dan terutama dikalangan mahasiswa", Ungkap Nursiya.

Nursiya menambahkan bahwa Kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan adik-adik mahasiswa, terutama bagi mahasiswa semester akhir yang sementara mempersiapkan tugas akhir.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA, Dr. Tedy Mahmud, M.Pd mewakili Pimpinan Fakultas. Dalam sambutannya Tedy menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini menjadi budaya yang tetap dipertahankan. Harapannya melalui kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kontribusi karya ilmiah dikalangan dosen maupun mahasiswa.

"Kegiatan seperti ini harus mendarah daging dikalangan civitas akademika" kata Tedy.

Adapun topik yang dibahas pada diskusi yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa matematika ini adalah Kestasioneran dan Sifat Statistik dari Model GARCH (1,1) dan EGARCH (1,1) yang disampaikan oleh Isran K. Hasan,M.Si, salah seorang Staf Pengajar di Program Studi Statistika.

Kedepannya kegiatan ini akan tetap dilaksanakan secara rutin dengan pemateri dan topik yang berbeda baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa. (R)

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika