FMIPA Juara Menjadi Jargon FMIPA Dalam Mengejar Target Prestasi di PKM 2021

Oleh: Resmawan . 11 Februari 2021 . 07:01:15

 

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM tahun 2021 resmi dibuka. Setiap perguruan tinggi berlomba-lomba dalam mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosen untuk menyusun proposal-proposal PKM. Tidak terkecuali Universitas Negeri Gorontalo yang juga aktif dalam melakukan persiapan. Lebih khususnya Fakultas MIPA sebagai salah satu ujung tombak UNG dalam kegiatan PKM ini. Dalam beberapa bulan terakhir FMIPA sudah bergerak mempersiapkan PKM. Mulai dari menghadirkan pemateri seorang reviewer nasional PKM hingga menghadirkan dosen pendamping yang sering meloloskan proposal PKM hingga ke Pimnas melalui kegiatan sosialisasi PKM. Dalam kegiatan sosialisasi PKM yang dilaksanakan pada Selasa 8 Februari 2021, Dekan Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si terus mendorong mahasiswa dan dosen untuk berpartisipasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Karena menurutnya, PKM adalah salah satu program yang mempengaruhi peringkat universitas dalam klasterisasi perguruan tinggi.

"Kegiatan ini adalah salah satu yang kita seriusi karena ini akan berpengaruh pada pemeringkatan universitas," Terang dekan dalam sosialisasi dan pendampingan dosen pembimbing PKM Fakultas MIPA yang digelar pada Selasa (9/2/2021).

Dihadapan peserta yang merupakan dosen muda, dekan berpesan untuk mendampingi mahasiswa dengan penuh kesungguhan agar bisa lolos ke Pimnas sesuai dengan tema kegiatan sosialisasi yaitu FMIPA Juara.

"Kesungguhan dibutuhkan untuk mendampingi mahasiswa hingga lolos," Tambahnya.

Wakil dekan III FMIPA yang hadir mengikuti kegiatan yang digelar Luring dan Daring ini juga berharap mahasiswa FMIPA kembali tampil di Pimnas.

"Insyaa Allah yang melaju ke Pimnas lebih dari yang tahun lalu. Tahun ini kita targetkan 10 proposal yang lolos Pimnas," Ucapnya.

Wadek III menegaskan akan melakukan pembinaan secara berkelanjutan dalam menyiapkan mahasiswa untuk mengikuti PKM. "Pembinaan PKM akan dilakukan secara kontinyu hingga 2022, kita siapkan dari sekarang," paparnya

Dalam kegiatan yang menghadirkan narasumber dosen FMIPA yang berpengalaman mengantarkan mahasiswa ke Pimnas Intan Noviantari Manyoe, S.Si., MT. Beliau mengutarakan kurang lebih ada beberapa hal penting yang harus ada dalam proposal PKM agar dapat berpeluang didanai atau bahkan hingga bisa lolos ke pimnas, diantaranya ide proposal harus "gila", memiliki kebermanfaatan yang tinggi, memanfaatkan teknologi informasi, memiliki kearifan lokal serta memiliki tingkat intelektualnya mahasiswa.

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika