HMPS Matematika Selenggarakan Kuliah Pakar Pengembangan peran Matematika di era Revolusi 4.0

Oleh: Resmawan . 3 Desember 2022 . 09:04:30

Gorontalo - Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika (HMPSM) selengggarakan Kuliah Pakar dengan tema "Edukasi Matematika Kombinatorika dan Matematika Analisis untuk Pengembangan peran Matematika di era Revolusi 4.0". Kuliah Pakar ini adalah bagian dari program tahunan yang diselenggarakan untuk mendukung upaya Prodi dalam meningkatkan kualitas atmosfir akademik di Progran Studi Matematika. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo pada Sabtu, 03 Desember 2022. Kuliah pakar yang mengangkat topik matematika dan matematika analisis ini, menghadirkan dua Narasumber yaitu  Dr. Rismawati Ramdani, M.Si, Dosen Matematika Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan Asriadi, M.Si dosen Prodi Matematika Universitas Negeri Gorontaloi.

Dalam pemaparan yang disampaikan via zoomeeting, Dr. Risnawati Ramdani membahas tentang "Pelabelan tak teratur pada graf". Topik ini termasuk salah satu topik yang dikembangkan di Kelompok Keilmuan (KK) Aljabar dan Kombinatorika Prodi Matematika UNG, sehingga diharapkan melalui kuliah pakar ini dapat memperluas sumber rliterasi dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan riset-riset di bidang matematika kombinatoruka.

Bertindak sebagai Narasumber Kedua adalah bapak Asriadi, M.Si, salah satu dosen Prodi Matematika Universitas Negeri Gorontalo. Dalam pemaparannya di bahas materi tentang Isometri dalam Terminologi Variabel Kompleks. Matematika analisis termasuk dalam Kelompok Keilmuan (KK) Analisis dan Geometri yang juga berupaya untuk dikembangkan di Prodi Matematika UNG. Melalui kuliah pakar ini, diharapkan dapat melahirkan riset dan inovasi bidang matematika analisis yang dapat berkontribusi pada pengembangan peran matematika, terutam di era revolusi 4.0

Kegiatan-kegiatan bermuatan keilmuan seperti ini diharapkan untuk terus dikembangkan untuk mendukung peningkatan kualitas maupun kuantitas riset bidang matematika sebagai bagian dari strategi peningkatan peran matematika menghadapi era Revolusi 4.0. Sebagaimana diketahui, matematika sebagai ilmu dasar dan terapan, menjadi salah satu disiplin ilmu yang semakin hari kian disadari sebagai kebutuhan untuk mengisi ruang dalam tren perkembangan era revolusi 4.0. Hal ini selaras dengan misi yang diemban Prodi Matematika yaitu Menyelenggarakan pembelajaran keilmuan matematika berbasis teknologi informasi serta mengembangkan penelitian yang berkualitas berskala nasional dan internasional disetiap bidang keahlian Prodi Matematika.

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika