Prodi Matematika UNG Selenggarakan Webinar Prospek Riset di Bidang Pemodelan Matematika

Oleh: Resmawan . 27 Juni 2020 . 17:47:00

Gorontalo (27/6/2020) – Seminar berbasis web atau Webinar menjadi trend sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Forum-forum ilmiah yang biasanya diselenggarakan secara seremonial di tempat tertentu baik nasional maupun internasional, kini dapat dilaksanakan secara daring melalui berbagai aplikasi video conference. Melihat begitu tingginya animo dari berbagai pihak untuk mengikuti kegiatan webinar, Prodi Matematika Universitas Negeri Gorontalo turut mengambil bagian dalam memanfaatkan momentum ini.

Hari ini, Sabtu 27 Juni 2020, Prodi Matematika UNG selenggarakan webinar dengan topik “Prospek Riset dalam Bidang Pemodelan Matematika Biologi”. Kegiatan webinar ini diselenggarakan dengan menghadirkan dua pembicara, yaitu Prof. Dr. Agus Suryanto, M.Sc Guru Besar Pemodelan Matematika Biologi Universitas Brawijaya, dan Meksianis Zadrak Ndii, PhD pakar Pemodelan Matematika Bidang Epidemiologi Universitas Nusa Cendana. Peserta pada kegiatan ini hadir secara daring dari berbagai daerah seluruh Indonesia dan dari berbagai latar belakang. Sejak dibukanya form registrasi hingga hari pelaksanaan, tercatat sebanyak 1122 peserta yang mendaftar, baik dari kalangan mahasiswa, guru, maupun dosen dari berbagai Perguruan Tinggi.

Webinar yang dapat disaksikan secara live melalui channel youtube Prodi Matematika UN Gorontalo ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas MIPA UNG, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. Prof. Astin dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini terutama kepada kedua pemateri yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dalam pengembangan riset di Indonesia. Prof. Astin selaku Dekan mengharapkan agar kerjasama seperti ini dapat terus dilanjutkan guna meningkatkan kualitas dan kesetaraan Pendidikan di Indonesia khususnya dibidang Matematika.

Lebih lanjut, webinar berlangsung dengan dipandu oleh Hasan S. Panigoro, M.Si, selaku moderator yang juga merupakan mahasiswa program Doktor dibidang Pemodelan Matematika. Meksianis Zadrak Ndii, PhD yang tampil sebagai pembicara pertama membahas topik tentang “Potensi Penelitian Pemodelan Matematika dalam Masalah-Masalah Epidemiologi”. Pada kesempatan ini MZ Ndii menjabarkan secara detail terkait bagaimana suatu fenomena kompleks disekitar kita direpresentasikan dalam model matematika dan ditemukan selusinya. Lebih khusus MZ Ndii membahas tentang persamaan diferensial yang banyak digunakan untuk merepresentasikan fenomena penularan penyakit.

Adapun Prof. Agus Suryanto, M.Sc yang tampil sebagai pembicara dikesempatan kedua, membahas tentang “Peluang dan Tantangan Penelitian Model Dinamika Populasi Orde Fraksional”. Pada kesempatan ini, Prof. Agus menyampaikan berbagai jenis model yang telah digunakan dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan dinamika poipulasi. Lebih lanjut dijelaskan tarkait pengembangan model dalam bentuk orde fraksional yang hingga saat ini belum begitu banyak yang menekuninya.

Dengan selesainya kegiatan webinar ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas riset di bidang pemodelan matematika yang selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan untuk mengatasi berbagai persoalan disekitar kita. Webinar dapat disaksikan kembali melalui channel youtube Prodi Matematika UN Gorontalo.

 

Agenda

16 November 2023

Skripsi Corner

"Eksplorasi Topik Penelitian Pemodelan Matematika Ekologi" bersama Dr. Emli Rahmi, M.Si (Kelompok Keilmuan Matematika Biologi, Program Studi Matematika)

14 Oktober 2022

Kuliah Pakar

Kuliah Pakar: Quantum Computation an Alternatif Optimization bersama Prof. Benny Pinontoan Pakar Teori Graf dan Optimisasi Universitas Samratulangi.

16 Agustus 2022

PKKMB 2022

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi Matematika tahun 2022

1 Juni 2022

Pameran Budaya

Pameran Budaya Mahasiswa Prodi Matematika